ETIKA BER-INTERNET

Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai salah satu akibat perkembangan teknologi tersebut, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma-norma dalam kehidupannya. Orang yang biasanya berinteraksi, bertransaksi dan berkomunikasi secara fisik, karena perkembangan teknologi komputer maka hal-hal tersebut banyak dilakukan melalui teknologi.

Salah satu perkembangan pesat di bidang teknologi komputer yang bersifat informasi adalah internet yang didalamnya termasuk web site dan blog. Internet merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan internet tersebut, satu komputer dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lain diberbagai belahan dunia.

Perkembangan internet dalam hal ini blog memunculkan peluang baru untuk mengembangkan sistem informasi yang disampaikan melalui internet yang cepat, mudah dan murah di berbagai bidang. Namun bagaikan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan, disamping menimbulkan kemudahan akan timbul permasalahan-permasalahan yang sebenarnya timbul akibat kurangnya moralitas dan etika yang dimiliki oleh pengguna teknologi tersebut.

Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya timbul isu-isu kejahatan komputer. Kejahatan komputer dapat diartikan sebagai ” kejahatan yang di timbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal” (Andi Hamzah, 1989). Seiring dengan perkembangan pesat teknologi komputer, kejahatan bidang ini pun terus meningkat. Berbagai jenis kejahatan komputer yang terjadi mulai dari kategori ringan seperti penyebaran virus, spam email, penyadapan trasmisi sampai pada kejahatan-kejahatan kategori berat seperti misalnya carding dan lain-lain.

Untuk mencegah timbulnya isu-isu tersebut dapat diterapkan kepada diri manusianya sebagai pengguna internet (dari sejak dini) kesadaran akan prilaku yang baik, menghormati dan menghargai hak-hak orang lain, bertindak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Takut akan ancaman-ancaman hukum pidana yang diberikan oleh Undang-undang yang berlaku. Perkembangan internet sudah barang tentu memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia diberbagai aspek kehidupan. Karena berbagai alasan diantaranya:

1. Tidak adanya batasan akses dalam arti kita dapat mengakses internet kapan saja tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

2. Akses yang sangat mudah dan murah dari mulai informasi sampai transaksi.

3. Memberikan sarana interkasi dan relasi

4. Kemudahan mengupdate materi

5. Penyebaran telah merambah kesegala penjuru dunia

Akibat dari perkembangan internet yang semakin pesat menuntut dibuatkannya aturan, norma dan etika yang dapat memberikan batasan-batasan kepada pengguna internet yang beraktifitas didalamnya. Hal itu disebabkan oleh beragamnya kultur, budaya, adat dan istiadat yang berbeda sehingga tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan perbedaan faham dan kebiasaan pada setiap individu yang berinteraksi di internet.

Tidak hanya itu pula berbagai fasilitas di internet juga memungkinkan seseorang untuk bertindak etis dan tidak etis. Semakin bertambahnya pengguna internet yang juga perlu diberikan petunjuk agar memahami budaya yang baik ketika berinternet. Maka dari itu disebabkan hal-hal tersebut maka perlu dibuatkan aturan dan etika berinternet sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif. Sebagai salah satu contoh etika yang telah ditetapkan oleh sebuah komunitas masyarakat internasional yang tergabung dalam IETF (The Internet Enginnering Task Force) yang disebut Netiket atau Nettiquette.

Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari ”network” (jaringan) dan ”etiket” (tata cara) Netiquette mencakup tata cara dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum chating, pesan instan dan lain-lain.

Sumber:

Andi, Hamzah. Aspek-aspek Pidana di Bidang Komputer, Jakarta: Sinar Grafika 1987.

http://kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette

http://it.ums.ac.id/?p=42

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s